Kamis, 17 Maret 2011

Kepribadian Sehat

Nama : Indah Savitri
NPM : 11509367
Kelas : 2PA 04

Kepribadian Sehat

1. Perkembangan Kepribadian “ Self ”

Self adalah struktur kepribadian yang sebenarnya dari manusia , semua rasa yang dirasakan didalam diri manusia itu, dan juga tentang cara bagaimana manusia itu memandang dirinya sendiri , contoh ; “saya orang yang menyenangkan”, “saya cantik”, atau “saya pintar” , dan lain-lain . self pun di bagi menjadi 2 bagian, yaitu ; ideal self dan reality self. Ideal self adalah semua tentang yang dinginkan manusia terhadap dirinya , reality self adalah keadaan yang nyata pada diri manusia tersebut. Hal ini bisa menimbulkan gap antara ideal self dengan reality self atau kesenjangan antara apa yang diharapkan dengan realitanya.


2. Peranan Positive Rogers dalam Pembentukan Kepribadian Individu

Peranan positif atau positif regard bisa disebut juga sebagai kebutuhan , kabutuhan yang positif, kadang kebutuhan ini juga bisa bersifat memaksa yang dimiliki setiap manusia. Setiap orang terdorong untuk mencari positi regard, karena mereka semua memiliki kebutuhan dasar untuk diberi penghargaan, kasih sayang, penerimaan, dan cinta dari orang lain. Dan kebutuhan ini lah yang disebut dengan positif regard.

3. Ciri-ciri Orang yang Berfungsi Sepenuhnya
Lima sifat khas orang yang berfungsi sepenuhnya (fully human being):
a. Keterbukaan pada pengalaman
Orang yang berfungsi sepenuhnya adalah orang yang selalu berfikiran positif pada semua pengalamannya , dan menjadikannya itu semua pelajaran berharga untuk menjalani kehidupan selanjutya, sehingga ketika timbul masalah-masalah baru ia bisa dengan fleksibel memecahkannya tanpa menggunakan emosional



b. Kehidupan Eksistensial
Kualitas dari kehidupan eksistensial dimana orang selalu terbuka dan mau menerima hal-hal atau pengalaman baru, sehingga ia akan selalu menemukan hal baru dan menjadikannya pribadi yang dinamis, dan selalu bisa menyesuaikan diri dalam situasi apapunn

c. Kepercayaan terhadap organisme orang sendiri
Pengalaman akan menjadi hidup ketika seseorang membuka diri terhadap pengalaman itu sendiri. Dengan begitu ia akan bertingkah laku menurut apa yang dirasanya benar (timbul seketika dan intuitif) sehingga ia dapat mempertimbangkan setiap segi dari suatu situasi dengan sangat baik.
d. Perasaan Bebas
Orang yang sehat secara psikologis dapat membuat suatu pilihan tanpa adanya paksaan -paksaan atau rintangan -rintangan antara alternatif pikiran dan tindakan. Orang yang bebas memiliki suatu perasaan berkuasa secara pribadi mengenai kehidupan dan percaya bahwa masa depan tergantung pada dirinya sendiri, tidak pada peristiwa di masa lampau sehingga ia dapat meilhat sangat banyak pilihan dalam kehidupannya dan merasa mampu melakukan apa saja yang ingin dilakukannya.
e. Kreativitas
Keterbukaan diri terhadap pengalaman dan kepercayaan kepada organisme mereka sendiri akan mendorong seseorang untuk memiliki kreativitas dengan ciri -ciri bertingkah laku spontan, tidak defensif, berubah, bertumbuh, dan berkembang sebagai respons atas stimulus-stimulus kehidupan yang beraneka ragam di sekitarnya.
Kelemahan atau kekurangan pandangan Rogers terletak pada perhatiannya yang semata -mata melihat kehidupan diri sendiri dan bukan pada bantuan untuk pertumbuhan serta perkembangan orang lain. Rogers berpandangan bahwa orang yang berfungsi sepenuhnya tampaknya merupakan pusat dari dunia, bukan seorang partisipan yang berinteraksi dan bertanggung jawab di dalamnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar